Contra Flow: Buah Keberanian Mengambil Keputusan

25 May 2012

Jalur tol dalam kota Cawang Kuningan adalah neraka bagi pengemudi saat berangkat kerja. Jarak tempuh tak lebih dari 6 kilometer tersebut tak jarang mesti ditempuh dalam waktu lebih dari 1 jam. Namun, keberanian kepolisian dan Jasa Marga mengambil keputusan untuk membuka jalur Contra Flow patut diacungi jempol, karena terbukti hingga saat ini menurut saya mampu mempercepat waktu tempuh, setidaknya seperempat jam.

Contra Flow sebenarnya bukan barang baru, karena ruas Tangerang ke Jakarta sudah lama menerapkan hal ini, dan baik-baik saja. Jadi yang istimewa adalah keberanian mengambil keputusan. Bandingkan dengan yang satu ini.

http://jakarta.tribunnews.com/2012/04/30/foke-tak-setuju-kebijakan-contraflow-tol-cawang-semanggi

contraflow di fly over kuningan

contraflow di fly over kuningan

Lalulintas di Jakarta memang sudah tidak masuk akal. Kendaraan bermotor bertambah tiap hari seakan tak terkendali, namun ruas jalan tidak ada perkembangan yang berarti. Maka, rekayasa lalu lilntaslah yang bisa menjadi solusi alternatif. Pertumbuhan populasi kendaraan ini pun tak lepas dari ketidakberanian pemilik kebijakan menerapkan aturan yang berpotensi. Mereka hanya berarni berpolemik tanpa ada keputusan apa pun. Pembatasan usia kendaraan, pembedaan hari operasi berdasar warna kendaraan atau Plat Nomer Ganjil - Genap , ERP, semua hanya berhenti pada tataran wacana.

Maka, bagi saya segala inovasi yang masuk akal untuk rekayasa lalulintas seharusnya mendapat tempat untuk diujicobakan. Bukan dengan melempar nada pesimis, bahkas sebelum ide itu dicoba. Tentu dengan menghitung berbagai risiko yang mungkin terjadi dan mengendalikannya. Jika gagal, anggap saja dapat satu poin keberanian mencoba. Kalau berhasil, poinnya berlipat-lipat karena mampu mempercepat waktu tempuh yang dampak berantainya sangat banyak.

Seperempat jam bagi saya sangat berarti karena bisa melihat anak bangun dan ngobrol sebentar, sebelum harus berangkat ke kantor. Seperempat jam sangat berarti bagi saya karena waktu perjalanan menjadi lebih longgar, berkurang stres karena takut terlambat.

Jadi, inovasi memperpanjang waktu Lampu Hijau di Perempatan Kuningan ke arah Semanggi dan Kuningan patut didukung. Dicoba dulu, semoga bisa menambah spare waktu bagi kami, para Komuter dari Bekasi, Bogor dan sekitarnya.


TAGS contra flow jakarta macet


-

Author

Follow Me